Seputar Kota - 6 Bln lalu

Pemkot Kendari Gelar Upacara HKB

Sekda Kota Kendari saat mengecek kesiapan barisan - (Humas Kendari)

e-Humas Kendari - Meski mendung dan sesekali gerimis, upacara dalam rangka Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) tetap berlangsung di Lapangan Upacara Kantor Walikota Kendari, Senin (29/4). Upacara yang dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari Hj. Nahwa Umar tersebut diikuti oleh TNI, Polri, BNPB Kota Kendari, dan Basarnas.

Sekda Kota Kendari ketika membacakan sambutan dari Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Mornado menjelaskan bahwa tren bencana di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya. Data menunjukkan bahwa pada 2018 jumlah kejadian bencana sebanyak 2.572 dan telah menelan korban jiwa 4.814 orang meninggal dan hilang, luka-luka 21.064 orang, dan 10,2 juta orang mengungsi, serta kerugian mencapai lebih dari Rp 100 trilyun.

“Untuk diketahui sebagaimana catatan para pakar, beberapa bencana di negara kita ini kerap berulang. Ada yang 5 tahunan, 10 tahunan, 100 tahunan, dan ribuan tahun. Longsor dan banjir juga kerap berulang setiap tahun. Gempa di Aceh berulang tiap 2000 tahun, di Padang setiap 1 abad, dan di Palu puluhan tahun, sehingga pendidikan paling dini wajib dilakukan dan dimulai dari rumah”, tutur Sekda Kota Kendari.

Menyadari hal-hal tersebut, sejak tahun 2017 lanjut beliau BNPB telah menginisiasi suatu gerakan peningkatan kesadaran dan kesiapsiagaan nasional untuk menghadapi bencana dalam bentuk HKB yang diperingati setiap 26 April. Selain itu Presiden RI dalam Rapat Terbatas Penanggulangan Bencana pada 14 Januari 2019 lalu telah memerintahkan pelaksanaan edukasi dan latihan kebencanaan dimulai segera di Indonesia khususnya di daerah rawan bencana. “Mari kita wujudkan Indonesia menjadi bangsa yang sejahtera dan tangguh”, pungkasnya.

[ AB ]