Seputar Kota - 6 Bln lalu

Pemkot Kendari Dan PT Adhi Karya Gelar Kick Off Meeting

Suasana Kick Off Meeting dengan PT Adhi Karya - (Humas Kendari)

e-Humas Kendari - Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari gelar Kick Off Meeting Pra Studi Kelayakan dan Survey Teknis Lokasi Proyek Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha(KPBU) Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kota Kendari dengan PT. Adhi Karya yang dipimpin langsung oleh Walikota Kendari Sulkarnain K. SE. ME di Ruang Rapat Walikota Kendari, Selasa (30/4).

Pertemuan ini dibuat dalam rangka tindak lanjut dari Pra Studi PT. Adhi Karya terkait pembangunan pengelolaan SPAM di Kota Kendari. Dalam pertemuan ini, perwakilan dari PT. Adhi Karya menawarkan kerjasama dengan Pemkot Kendari dengan skema KPBU untuk pengelolaan SPAM Kota Kendari. Manfaat dari skema ini sebagaimana yang dikemukakan oleh Direktur PDAM Tirta Anoa Kota Kendari Damin, SE adalah sebagai solusi dari masalah keterbatasan APBD dalam memenuhi kebutuhan infrastruktur sumber pengolahan air minum. "Karena keterbatasan dana APBD untuk membangun intek wtp (sumber pengolahan air-Red), sehingga melalui kerjasama ini pihak Adhi Karya yang bangunkan, kita pihak PDAM membeli air bersih dari mereka", ujarnya saat diwawancara usai pertemuan. Beliau menambahkan rencananya lokasi yang akan dipilih untuk pembangunan sumber pengolahan air adalah Tabanggele. Alasannya sebab jika dibandingkan dengan Pohara, Tabanggele sumber airnya lebih dekat dengan PDAM.

Dengan adanya kerjasama ini Walikota Kendari berharap masalah yang ada di PDAM Tirta Anoa bisa diselesaikan dan masyarakat bisa secepatnya merasakan manfaat dari kerjasama tersebut.

"Sebenarnya kerjasama semacam ini sudah pernah ditawarkan, namun jujur saja tidak sedetail ini penjelasannya tidak menggambarkan konsekuensi yang akan kita lalui. Saya juga tadi mendengar ada kemungkinan tarif air bisa diturunkan. Kalau memungkinkan saya kira ini cukup baik, jadi masyarakat bisa terbantu" ujar Walikota Kendari.

[ AB ]