Seputar Kota - 6 Bln lalu

Pemkot Kendari Terima Kunjungan Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri

Foto bersama dengan Ditjen Bina Keuangan Daerah - (Humas Kendari)

e-Humas Kendari - Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengunjungi Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari dalam rangka Monitoring dan Evaluasi (Monev) Implementasi Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 130 Tahun 2018. Bertempat di Ruang Pola Kantor Walikota Kendari para camat dan lurah se-Kota Kendari dikumpulkan guna mensosialisasi sekaligus mengecek bagaimana implementasi Dana Alokasi Umum (DAU) Tambahan yang akan diberikan kepada kelurahan, Selasa (30/4).

Dalam kegiatan yang dipimpin oleh Walikota Kendari Sulkarnain K. SE. ME tersebut, Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri Drs. Syarifuddin MM, Direktur Fasilitasi Dana Perimbangan dan Pinjaman Daerah Dr. Moch. Ardian N. M. Si, dan Direktur Pelaksana Pertanggungjawaban Keuangan Daerah Bahri masing-masing dari mereka mempresentasikan materi tentang pengelolaan pendanaan kelurahan dalam APBD serta materi kegiatan pembangunan sarana dan prasarana kelurahan dan pemberdayaan masyarakat di kelurahan dan DAU Tambahan dalam APBD TA 2019.

Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri menegaskan bahwa para lurah berdasarkan Permendagri Nomor 130 Tahun 2018 memiliki wewenang hanya sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) sehingga mereka memiliki kewajiban untuk melaporkan setiap penggunaan anggaran DAU Tambahan kepada camat sebagai Pengguna Anggaran (PA). Selain itu, Dr. Moch. Ardian N. M. Si dan Bahri sempat membocorkan mengenai adanya rencana di tahun 2020 di mana akan dianggarkan DAU Tambahan untuk kecamatan.

Di akhir kegiatan Walikota Kendari memberikan kesempatan kepada pihak Ditjen Bina Keuangan Daerah untuk memonitoring dan mengevaluasi secara langsung salah satu kelurahan yang ada di Kota Kendari, yaitu Kelurahan Bende Kecamatan Kadia.

[ AB ]