Seputar Kota - 6 Bln lalu

Walikota Kendari Lantik Pengurus Asosiasi UMKM

Walikota Kendari lantik pengurus asosiasi UMKM - (Humas Kendari)

e-Humas Kendari - Walikota Kendari Sulkarnain K. SE. ME melantik 24 orang sebagai Pengurus Asosiasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) periode 2019-2023 di Ruang Pola Kantor Walikota Kendari , Rabu (8/5).

Walikota Kendari dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa pertumbuhan UMKM di Kota Kendari mengalami peningkatan dari 11.837 pada 2017 meningkat menjadi 13.446 di tahun 2018 atau mengalami peningkatan sebesar 14%. Namun perkembangan tersebut, lanjut beliau belum diimbangi dengan perkembangan kualitas usaha disebabkan adanya permasalahan yang dihadapi para pelaku usaha UMKM.

“Ada dua kelompok besar permasalahan yang dihadapi pelaku UMKM. Pertama, kelompok internal, yaitu kurangnya modal dan akses pembiayaan, SDM yang kurang kreatif dan inovatif, serta lemahnya jaringan usaha dan kemampuan penetrasi pasar. Kedua, faktor eksternal meliputi iklim usaha yang belum sempurna kondusif, terbatasnya sarana dan prasarana usaha, serta terbatasnya akses pasar dan informasi”, ungkapnya.

Beliau menambahkan untuk menjawab permasalahan tersebut, Pemerintah Kota Kendari telah mengambil kerbijakan, di antaranya membentuk Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) untuk mendukung permodalan usaha mikro, mengerahkan OPD terkait untuk melakukan pelatihan teknis dan bekerjasama dengan seluruh stakeholder terkait, dalam waktu dekat membentuk Pelayanan Administrasi Terpadu (PATEN) di setiap kantor kecamatan guna menyederhanakan perizinan, serta melakukan pembangunan dan revitalisasi pasar. “Saya berharap dengan terbentuknya pengurus baru dapat menciptakan inovasi yang menghasilkan produk-produk unggulan berdaya saing tinggi”, harapnya.

[ AB ]