Seputar Kota - 5 Bln lalu

Pemkot Kendari Mendapat Opini WTP Dari BPK

Sulkarnain K. menerima Laporan Hasil Pemeriksaan - (Humas Kendari)

e-Humas Kendari - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara (Prov. Sultra) menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah TA 2018 kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari dengan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Laporan tersebut diterima langsung oleh Walikota Kendari Sulkarnain K. SE. ME di Kantor BPK Perwakilan Prov. Sultra, Jumat (24/5).

Selain itu, Pemkot Kendari juga masuk dalam tiga besar Pemerintah Daerah di Sultra yang telah menyelesaikan tindak lanjut dengan pencapaian 88,15% sebagaimana yang disampaikan Kepala BPK Perwakilan Prov. Sultra Hermanto saat memberikan sambutan.

Meski telah meraih Opini WTP, secara umum BPK masih memberikan beberapa catatan terhadap laporan keuangan Pemkot Kendari dan Pemeintah Daerah lainnya, di antaranya pengelolaan aset tetap yang belum optimal, pelaksanaan pertanggung jawaban keuangan yang belum tertib, pengelolaan Pajak Bumi dan Bangunan yang belum tertib, kesalahan penganggaran pada belanja daerah, dan pengelolaan pendapatan daerah yang belum tertib.

“Kami berharap penyerahan Hasil Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2018 ini, memberikan manfaat bagi Pemda dan DPRD dalam pengambilan keputusan serta sebagai bahan evaluasi mengambil langkah-langkah yang tepat untuk meningkatkan kinerja dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance)”, ungkap Kepala BPK Perwakilan Prov. Sultra

[ AB ]