Seputar Kota - 4 Bln lalu

Pemkot Kendari Gelar Pelatihan Peningkatan Kualitas Tata Kelola Destinasi Pariwisata

Sekda Kota Kendari saat pelatihan - (Humas Kendari)

e-Humas Kendari - Dalam rangka mengembangkan destinasi pariwisata dan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Kota Kendari, Pemerintah Kota Kendari melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata mengadakan Pelatihan Peningkatan Kualitas Tata Kelola Destinasi Pariwisata dan Kapasitas Masyarakat Pelaku Usaha Kepariwisatawan di Hotel Zenith Jalan Malik Raya No. 20 Kendari, Senin (1/7).

Sekretaris Daerah Kota Kendari Hj. Nahwa Umar SE. MM saat membuka kegiatan mengungkapkan berdasarkan data statistik kunjungan wisatawan di Kota Kendari pada tahun 2018 mencapai 444.584 wisatawan atau meningkat 23,8?ri tahun sebelumnya serta memberikan kontribusi penerimaan daerah sebesar 15,44%. Pencapaian tersebut tentu saja merupakan hasil kerjasama semua pihak yang terus memberikan kontribusi terhadap pembangunan kota khususnya di sektor pariwisata.

Kaitannya dengan pelatihan yang diselenggarakan ini, beliau mengatakan kegiatan tersebut mengisyaratkan bahwa dalam mewujudkan citra dan kualitas produk tata kelola destinasi wisata, pengelola, masyarakat, dan pelaku industri pariwisata wajib menerapkan standar kompetensi yang bertujuan untuk memberikan pengakuan terhadap kompetensi yang dimiliki dalam meningkatkan kualitas tata kelola dari suatu destinasi.

“Saya minta seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini dapat belajar dengan baik, banyak bertanya kepada narasumber. Hal ini untuk menambah wawasan dan pengalaman kita agar dapat mengelola destinasi pariwisata yang berkelanjutan dan mendorong pemanfaatan ekonomi untuk masyarakat lokal serta pelestarian budaya dan lingkungan”, ujarnya.

[ AB ]