Seputar Kota - 4 Bln lalu

Pemkot Kendari Luncurkan Aplikasi Simset-Gis Disempurnakan Dengan Sistem Barcode

Salah satu intruktur mempraktekan penggunaan apk - (Humas Kendari)

e-Humas Kendari - Demi memudahkan dalam pemeriksaan inventarisasi Barang Milik Daerah (BMD), Pemerintah Kota Kendari melalui Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) melaunching aplikasi barcode yang merupakan lanjutan dari program aplikasi Sistem Informasi Aset Berbasis GIS (Simset-Gis) yang telah dilaunching 2 November 2016 silam bekerjasama dengan Techno's Studio.

Aplikasi ini memudahkan OPD lingkup Pemkot Kendari dalam mendata dan melaporkan BMD yang dimiliki dan sedang digunakan, seperti kendaraan dinas, komputer, dan aset lainnya. Bendahara barang/pengguna barang cukup mendata secara manual BMD kemudian menginputnya pada aplikasi yang dapat didownload di Playstore dengan nama SIMSETGIS KOTA KENDARI atau dapat diakses melalui laman simsetgis.kendarikota.go.id. Setelah penginputan akan muncul barcode yang bisa diprint out untuk setiap barang. Kemudian jika ada pendataan/investarisasi maka bendahara cukup menscan barcodenya tanpa perlu membawa barangnya secara langsung.

Kegiatan yang dibuka oleh Asisten III Ir. Agus Salim, MS itu juga dirangkaikan dengan sosialisasi dua Peraturan Walikota Kendari (Perwali), yaitu Perwali tentang program dan kegiatan OPD lingkup Kota Kendari serta Perwali tentang kegiatan prasarana kelurahan dan pemberdayaan masyarakat. Mengingat pentingnya rapat ini, Asisten III berharap peserta dapat mengikutinya dengan baik. "Agar pengelolaan keuangan dan aset daerah dapat dikelola dengan baik, jadi kami harap tidak ada lagi alasan bagi OPD tidak bisa", ujarnya saat membuka kegiatan di Ruang Pola Kantor Walikota Kendari, Kamis (11/7).

[ AB ]