Seputar Kota - 3 Bln lalu

TP PKK Kota Kendari & Dinas Perdagangan Koperasi Dan UMKM Kota Kendari Gelar Pelatihan Kewirausahaan

Ketua TP PKK Kota Kendari saat sambutan - (Humas Kendari)

e-Humas Kendari - Bekerjasama dengan Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Kota Kendari, TP PKK Kota Kendari menggelar Pelatihan Kewirausahaan Usaha Kecil dan Menengah yang bertempat di Hotel Fortune Front One, Selasa (23/7). Ketua TP PKK Kota Kendari Sri Lestari Sulkarnain, S.Pd. M.Si ketika membuka kegiatan menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan upaya dari Pemerintah Kota Kendari melalui TP PKK dan Dinas Perdagangan untuk mengembangkan usaha peningkatan ekonomi keluarga.

Lebih lanjut beliau menjelaskan yang dimaksud dengan usaha peningkatan ekonomi keluarga adalah kegiatan ekonomi yang diusahakan keluarga baik perorangan maupun kelompok dengan memanfaatkan potensi dan kearifan lokal yang modalnya dapat bersumber dari swadaya masyarakat, APBN, APBD, dan bantuan atau sumbangan lain yang tidak mengikat. Beliau mengatakan bahwa kelurahan-kelurahan di Kota Kendari memiliki potensi dan kearifan lokal yang begitu baik, seperti usaha pertanian, kerajinan, olahan makanan, simpan pinjam, dan sebagainya. Kegiatan usaha ini, sudah berjalan di tengah masyarakat, namun belum semuanya dimanfaatkan dan dikelola dengan baik.

Untuk itu diperlukan adanya bimbingan dari pihak-pihak yang berpengalaman dan kompeten, salah satunya melalui kegiatan pelatihan ini. Sehingga beliau berharap kepada kader PKK yang merupakan bagian dari pelaku usaha keluarga untuk mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, mampu menyerap materi yang diberikan narasumber, selanjutnya merumuskan sebuah tindakan nyata yang dapat diterapkan di lingkungan masing-masing, utamanya mampu menjadi motivator-fasilitator sekaligus tauladan dalam mengembangkan usaha peningkatan pendapatan keluarga.

[ AB ]