Seputar Kota - 3 Bln lalu

Plh. Walikota Kendari Tandatangani Berita Acara Persetujuan Bersama KUPA-PPAS Perubahan APBD TA 2019

Plh. Walikota Kendari saat tandatangani MOU - (Humas Kendari)

e-Humas Kendari - Pelaksana Harian (Plh) Walikota Kendari Hj. Nahwa Umar, SE. MM menandatangani Berita Acara Persetujuan Bersama (MoU) Kebijakan Umum Perubahan Anggaran (KUPA) serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Perubahan APBD TA 2019 pada Rapat Paripurna yang digelar DPRD Kota Kendari, Senin (12/8).

Beliau dalam sambutannya menyatakan bahwa dengan ditandatanganinya KUPA dan PPAS APBD Perubahan TA 2019 ini, maka kedua dokumen ini nantinya akan menjadi pedoman dan landasan dalam penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Perubahan TA 2019.

Selain itu lanjut beliau, penandatangan kedua dokumen tersebut pada hari ini membuktikan bahwa semangat kemitraan, sinergitas dan penyamaan persepsi antara eksekutif dan legislatif senantiasa berjalan dengan baik. hal ini tentu saja menjadi modal yang sangat berharga bagi kita sekalian untuk melaksanakan tahapan-tahapan pembangunan di Kota Kendari.

"Insya Allah beberapa hari ke depan kami akan segera melaksanakan finalisasi Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) OPD dan selanjutnya merampungkan penyusunan RAPBD Perubahan Kota Kendari TA 2019, sehingga dalam waktu dekat Nota Keuangannya akan segera kami ajukan untuk dibahas bersama dan penetapannya dapat kita laksanakan sesuai waktu yang telah ditetapkan", ujarnya.

Perlu diketahui KUPA mempunyai kedudukan yang sangat strategis dalam siklus perencanaan dan penganggaran pelaksanaan pembangunan daerah, ia menjadi jembatan bagi kedua hal tadi dan selanjutnya digunakan menjadi pedoman dalam penyusunan RAPBD.

"Substansi KUPA-PPAS Perubahan memuat kesepakatan bersama antara Pemda dan DPRD menyangkut asumsi pergeseran atau perubahan-perubahan pada kondisi ekonomi makro daerah, asumsi APBD khususnya menyangkut kebijakan pendapatan daerah, kebijakan belanja daerah, dan kebijakan pembiayaan daerah, serta strategi pencapaiannya dalam tahun berjalan," Plh. Walikota Kendari.

[ AB ]