Seputar Kota - 3 Bln lalu

Asisten III Buka Dan Beri Materi Pada Acara Penyuluhan Bahasa Badan Publik Di Kota Kendari

Asisten III saat beri materi - (Humas Kendari)

e-Humas Kendari - Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara menggelar Penyuluhan Bahasa Badan Publik di Kota Kendari yang rencananya akan berlangsung selama dua hari yaitu dimulai pada hari ini Selasa 13 Agustus s.d. 15 Agustus 2019 mendatang di Aula Kandai Kantor Bahasa Sultra. Penyuluhan dibuka secara resmi oleh Asisten III Ir. Agus Salim, MS mewakili Pelaksana Harian Walikota Kendari.

Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa saat ini penggunaan bahasa Indonesia di ruang publik semakin merosot disebabkan perkembangan zaman serta ilmu pengetahuan dan teknologi. Beliau menambahkan fenomena penggunaan bahasa di dalam pelayanan publik, sangat berpengaruh pada penggunaan kalimat, tanda baca bahkan ejaan dalam tata naskah dinas yang tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia itu sendiri.

Sehingga beliau berharap kegiatan penyuluhan ini dapat mengatasi fenomena tersebut khususnya di bidang pendidikan. Selain itu, kapasitas pengajar bahasa Indonesia di sekolah-sekolah dan di lingkup pemerintahan harus lebih diperhatikan serta juga perlu dilakukan pengembangan dan pembinaan melalui sosialisasi kepada masyarakat agar penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dapat terus dilestarikan. “Utamakan bahasa Indonesia yang benar, lestarikan bahasa daerah , dan kuasai bahasa asing,” ujarnya. Usai membuka kegiatan, selama kurang lebih dua jam beliau membawakan materi terkait kebijakan Pemerintah Kota Kendari dalam penggunaan bahasa badan publik.

[ AB ]