Edukasi - 8 Bln lalu

Sulkarnain Berpesan Pengawas Sekolah/Madrasah Agar Berbenah

Walikota Kendari saat membuka Raker - (Humas Kendari)

e-Humas Kendari - “Pengawas Sekolah/Madrasah sudah saatnya berbenah menyesuaikan perubahan paradigma pendidikan di era pembelajaran abad 21 menuju industri 4.0 dan memastikan tugas-tugasnya di satuan pendidikan terlaksana secara optimal”, ujar Walikota Kendari Sulkarnain K. SE. ME.

Hal ini beliau sampaikan saat membuka Rapat Kerja (Raker) Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) Kota Kendari 2019 yang berlangsung di Ruang Pola Kantor Walikota Kendari, Sabtu (9/3).

Sebagai supervisor yang melakukan pengawasan manajerial dan akademik di sekolah lanjut beliau, Pengawas Sekolah/Madrasah juga bertindak sebagai aparat pemerintah di satu sisi dan sebagai pejabat profesional penjamin mutu pendidikan di sisi lainnya.

Keseimbangan dua peran pengawas sekolah/madrasah tersebut harus dapat memberikan kemajuan bagi penyelenggaraan pendidikan di tingkat satuan pendidikan. Selain itu pengawas merupakan pembina kepala sekolah dalam pengelolaan sekolah, meningkatkan kinerja guru dan tenaga kependidikan dalam melaksanakan tugas pokoknya.

Begitu besar tugas yang harus diemban pengawas sekolah/madrasah, tugas tersebut semakin bertambah dengan masuknya era globalisasi yang ikut membawa perubahan pada paradigma pendidikan saat ini, sehingga mereka dituntut untuk terus berbenah dan beradaptasi dengan perubahan yang terjadi.

Sebagaimana 3 (tiga) pilar kebijakan stategis pemerintah melalui kementerian pendidikan dan kebudayaan dalam bidang pendidikan, yaitu Pilar Pertama pemerataan dan perluasan akses pendidikan yang mengagendakan bahwa pendidikan hendaknya dapat dinikmati oleh seluruh komponen bangsa baik untuk masyarakat terpencil maupun masyarakat kota, masyarakat miskin maupun kaya.

Pilar kedua peningkatan mutu dan relevansi pendidikan yang mengagendakan bahwa globalisasi yang melanda seluruh aspek kehidupan menuntut kemampuan kompetitif yang tinggi dari sumber daya yang dimiliki sehingga diperlukan suatu pendidikan yang bermutu yang diharapkan mampu bersaing dengan negara lain.

Dan pilar ketiga penguatan tata kelola dan pencitraan publik yang mengagendakan bahwa pendidikan harus mampu meyakinkan pada masyarakat bahwa hanya melalui pendidikan tersebut cita-cita menjadi negara maju dan makmur dapat tercapai.

Pilar yang kedua itulah yang menjadi dasar Pengawas Sekolah/Madrasah dituntut untuk berinovasi dan menyesuaikan paradigma pendidikan dengan perubahan era pembelajaran.

[ AB ]