Seputar Kota - 8 Bln lalu

Walikota Kendari Hadiri HPSN Tingkat Provinsi Sultra 2019

Walikota Kendari saat hadiri HPSN - (Humas Kendari)

e-Humas Kendari - Bersama dengan para Bupati/Walikota se-Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) lainnya Walikota Kendari Sulkarnain K. SE. Me. menghadiri Acara Puncak Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tingkat Provinsi Sultra Tahun 2019 yang dipusatkan di Pantai Marina Kabupaten Wakatobi, Minggu (10/3).

Acara HPSN yang bertemakan “Kelola sampah untuk hidup bersih, sehat, dan bernilai” ini dibuka secara langsung oleh Gubernur Sultra Ali Mazi SH. yang dalam kesempatan tersebut digunakan beliau untuk menyampaikan kebijakan strategis yang telah ditetapkan oleh Pemprov Sultra tentang pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga.

“Pemprov Sultra sudah menetapkan kebijakan strategis terkait pengelolaan sampah yang telah dituangkan dalam program prioritas pembangunan daerah untuk 5 tahun ke depan (2018-2023), yaitu program ‘Sultra Sehat’ dan ‘Sultra Produktif’”, ujarnya saat memberi sambutan.

Khusus untuk pengelolaan lingkungan lanjut beliau selain melakukan Kajian Amdal, juga dilakukan Upaya Pengelolaan Lingkungan dan Upaya Pemantauan Lingkungan (UKL-UPL).

“Salah satunya dengan memaksimalkan penerapan Peraturan Gubernur Nomor 86 Tahun 2018 tentang Pedoman Pengelolaan Kantor Berbudaya Lingkungan (Eco Office) di lingkungan Pemprov Sultra”, pungkasnya.

Kegiatan HPSN sendiri diadakan untuk mengingatkan masyarakat akan tragedi longsornya sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Leuwi Gajah di Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi pada 21 Februari 2005 silam yang telah menelan korban jiwa dan kerugian materil.

[ AB ]