Seputar Kota - 2 Bln lalu

Plh. Walikota Kendari Hadiri Workshop Implementasi Host To Host PBB & BPHTB

Plh. Walikota saat hadiri worshop - (Humas Kendari)

e-Humas Kendari - Pelaksanan Harian (Plh) Walikota Kendari Hj. Nahwa Umar, SE. MM mengikuti Workshop Implementasi Host To Host PBB & BPHTB Bapenda –BPN Se-Provinsi Sultra yang berlangsung di Hotel Claro Kendari, Kamis (22/8).

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Sulawesi Tenggara, Ir. Kalvyn Andar Sembiring menjelaskan workshop yang digelar ini adalah salah satu bentuk kegiatan kolaborasi antara Pemerintah Daerah (Pemda) yang dalam hal ini adalah Badan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan instansi vertikal yaitu Kementerian Agraria dan Tata Ruang BPN yang diinisiasi oleh Korsupgah KPK. “Ini adalah program pencegahan dari KPK terkait beberapa hal yang pertama, menertibkan manajemen administrasi khususnya aset. Dan yang kedua, optimalisasi pendapatan penerimaan daerah,” jelasnya.

Untuk masalah penertiban aset, pihaknya siap melaksanakan pendaftaran tanah dan melaksanakan sertifikasi aset di lingkungan Pemerintah Daerah, baik Provinsi dan Kabupaten/Kota. Sedangkan untuk optimalisasi pendapatan, beliau mengatakan sebagian programnya dijalankan melalui workshop yang sedang diselenggaraan ini.

Beliau memaparkan sistem Host To Host yang diperkenalkan kepada peserta workshop adalah integrasi data PBB dan BPHTB melalui transport teknologi antara masing-masing satuan organisasi. Artinya, Pemda dapat dengan mudah mengakses data-data yang dimiliki oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang BPN khususnya data terkait penerimaan bea perolehan atas tanah dan bangunan. “Ada dua keuntungan yang diberikan sistem ini yaitu masyarakat semakin cepat dilayani dan pendapatan daerah juga bisa dimonitor kebenarannya,” ungkapnya.

[ AB ]