Seputar Kota - 2 Bln lalu

Plh. Walikota Kendari Lakukan Sidak Ke Hotel & Rumah Makan

Foto bersama dengan pemilik rumah makan - (Humas Kendari)

e-Humas Kendari - Pelaksana Harian (Plh) Walikota Kendari Hj. Nahwa Umar, SE. MM melakukan inspeksi mendadak (sidak) guna mengecek pemasangan alat perekam pajak di beberapa hotel, restoran dan rumah makan. Adapun sidak hari ini Jumat (23/8) dilakukannya di 5 tempat yaitu, Hotel Horizon, Plaza Inn, RM Mie Pangsit 88, RM Angkasa Nikmat dan RM Kalasan.

Plh. Walikota saat diwawancarai di sela-sela sidak mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan ini merupakan pengaplikasian dari kegiatan desiminasi pajak daerah yang telah dilakukan Pemerintah Kota Kendari di Hotel Claro kemarin. Ketika ditanya mengenai tanggapannya terkait hasil sidak, beliau menuturkan bahwa beliau merasa sangat bersyukur sejauh ini tempat-tempat yang dikunjungi hampir semuanya telah memasang alat tersebut. “Alhamdulillah semuanya bagus, dan kami benar-benar sangat terbantu dengan hadirnya sampai ke lapangan Korsupgah KPK. Itu berarti akhirnya, yang kemarin kita bicarakan di Hotel Claro, akhirnya betul-betul kita saksikan di lapangan. Ya mudah-mudahan semuanya terus berjalan lancar,” ungkapnya.

Beliau menyatakan bahwa ada perbedaan yang sangat signifikan antara pencatatan pajak secara manual atau sebelum menggunakan alat perekam pajak dengan yang setelah menggunakan alat. Hasilnya jika misalnya selama ini rumah makan atau restoran hanya menyetorkan pajaknya sebesar Rp 1 juta dalam sebulan ternyata setelah dilakukan pemasangan alat perekam, alat tersebut menunjukkan bahwa rumah makan tersebut mampu mendapat pemasukan senilai Rp 1 juta dalam sehari. Dengan demikian, Beliau berharap dengan adanya program ini Pendapatan Asli Daerah (PAD) dapat meningkat, sehingga dapat mencapai target. Pasalnya Pemkot Kendari menargetkan di tahun 2020 PAD Kota Kendari sebesar Rp 500 milyar.

[ AB ]