Seputar Kota - 2 Bln lalu

Walikota Kendari Hadiri Ground Breaking Gedung Rumah Sakit Jantung Provinsi Sulawesi Tenggara

Saat resmikan penanaman tiang pancang - (Humas Kendari)

e-Humas Kendari - Walikota Kendari Sulkarnain K. SE. ME menghadiri acara peletakan batu pertama (ground breaking) Gedung Rumah Sakit Jantung Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) oleh Gubernur Sultra H. Ali Mazi, SH di Kawasan Eks RSUD Prov. Sultra yang berlokasi di Jalan Dr. Sam Ratulangi Kelurahan Kemaraya Kecamatan Kendari Barat, Kamis (29/8).

Dalam sambutannya Gubernur Sultra mengatakan bahwa keberadaan rumah sakit jantung merupakan kebutuhan dan solusi tepat dalam penanganan kasus jantung dan pembuluh darah bagi masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Sultra. Pasalnya berdasarkan data WHO tahun 2015 menunjukkan kasus kematian jantung dan pembuluh darah di dunia mencapai 17, 5 juta orang. Di Sultra sendiri berdasarkan hasil prevalensi hipertensi menjadi provinsi yang memiliki nilai mendekati rata-rata seluruh Indonesia, yakni mendekati 8,5.

“Jika melihat data penderita penyakit jantung yang begitu besar, minimnya fasilitas kesehatan yang dikhususkan bagi mereka, dan fakta tingginya masyarakat Sultra yang berobat ke kota besar seperti Jakarta maupun ke luar negeri. Maka kami Pemerintah Provinsi Sultra tidak tinggal diam, dengan berbenah dan meningkatkan pelayanan serta fasilitas kesehatan melalui pembangunan rumah sakit jantung ini yang nantinya dibuat setara dengan rumah sakit yang ada di kota-kota besar di Indonesia maupun yang di luar negeri. Sehingga rumah sakit ini diharapkan dapat melayani pasien penyakit jantung khususnya di Sultra dan juga pasien dari kota-kota lainnya di Indonesia,” ungkapnya.

[ AB ]