Seputar Kota - 2 Bln lalu

Pembangunan Gedung Kantor Walikota Kendari Resmi Dimulai

Walikota Kendari saat menekan sirine - (Humas Kendari)

e-Humas Kendari - Walikota Kendari H. Sulkarnain K. SE. ME meresmikan dimulainya Pembangunan Gedung Kantor Walikota Kendari Tahun 2019 yang ditandai dengan penekanan tombol sirene sekaligus pemasangan tiang pancang secara simbolis sebagai bentuk peletakan batu pertama (Ground Breaking), di Lapangan Upacara Kantor Walikota Kendari, Senin (2/9).

Sekretaris Daerah Kota Kendari Hj. Nahwa, SE. MM sebagai pemegang kuasa pengguna anggaran dalam laporannya menjelaskan bahwa pembangunan gedung baru yang berdiri di atas lahan seluas 6,3 hektar ini rencananya akan terdiri atas tiga massa bangunan yakni, 3 lantai gedung parkir, 5 lantai gedung podium, dan 9 lantai gedung tower yang memakan biaya sekitar Rp 260 milyar yang penganggarannya dilakukan secara bertahap.

"Pada awal pelaksanaan anggaran tahun 2019 ini telah diporsikan kurang lebih Rp 57 milyar untuk pengerjaan pembangunan struktur podium dan gedung parkir. Adapun rencana total luas bangunannya yaitu sekitar 37.679 M2 dengan rincian massa bangunan yakni Gedung parkir diperuntukan untuk parkiran, area komersil, retail, dan ruang terbuka hijau sebagai lapangan upacara. Gedung podium yaitu untuk ruang walikota dan wakilnya, sekretariat daerah, musholah, comment center, dan mall pelayanan umum. Serta Gedung tower diperuntukan untuk ruang pelayanan publik, ruang kerja OPD yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana modern, dan service area," terangnya

Walikota Kendari dalam sambutannya mengatakan latar belakang pembangunan ini sebagai upaya Pemerintah Kota Kendari dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan membangun gedung baru yang representatif dan berfasilitas lengkap. "Pembangunan ini akan menggunakan konsep green building dan smart building. Kita berharap hadirnya gedung ini dapat dimanfaatkan secara optimal dan rencananya pembangunan akan berlangsung selama 3 tahun dan di tahun 2022 sudah bisa digunakan. Ke depan kami berencana akan membuat arus kendaraan satu arah ke Kantor Walikota untuk mengurangi kemacetan," ungkapnya.

[ AB ]