Seputar Kota - 2 Bln lalu

Walikota Kendari Hadiri Ground Breaking Pembangunan Jalan Akses Pariwisata Kendari-Toronipa

Walikota Kendari saat meletakkan batu pertama - (Humas Kendari)

e-Humas Kendari - Walikota Kendari H. Sulkarnain K. SE. ME menghadiri ground breaking pembangunan jalan akses pariwisata Kendari-Toronipa yang berlangsung di Pintu Gerbang Wisata Toronipa, Selasa (3/9).

Jalan yang akan dibangun memiliki panjang sekitar 14,6 KM dan lebar 27 M dengan biaya konstruksi sebesar Rp 1,1 triliun. Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Ali Mazi, SH saat sambutan mengatakan untuk tahap awal pembangunan jalan akan dilakukan sepanjang 2,1 KM dengan menghabiskan biaya sebesar Rp 144 milyar. "Untuk pembangunan selanjutnya akan dilakukan secara multi years," ungkapnya.

Lebih lanjut beliau mengatakan pembangunan jalan Kendari-Toronipa ini merupakan salah satu program unggulan yang harus diwujudkan. Pasalnya beliau menjelaskan jalan yang menghubungkan antara ibukota provinsi Sultra dengan kawasan pariwisata Toronipa ini memiliki arti bagi sejarah Kota Kendari dan menyimpan potensi yang selama ini belum digarap secara maksimal.

"Kota Kendari terkenal dalam sejarah karena pantai yang memanjang dari Pantai Toronipa ke Teluk Kendari. Banyak kapal-kapal yang berlabuh di situ untuk beristirahat setelah menyusuri Laut Banda. Selain itu, Pantai Toronipa juga memiliki potensi wisata bila dikelola dengan baik karena menghubungkan tempat wisata Pulau Hoga-Wakatobi dan Labengki-Konawe Utara. Jalur ini kelak akan semakin berkembang karena sudah ada kawasan industri Konawe dan Pelabuhan Kendari New Port yang akan memperkuat manfaat pembangunan Jembatan Teluk Kendari," pungkasnya.

[ AB ]