Seputar Kota - 2 Bln lalu

Asisten I Jadi Pemakalah Kongres Internasional III Bahasa-Bahasa Daerah Sultra

Asisten I saat membawakan materi - (Humas Kendari)

e-Humas Kendari - Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara (Sultra) menyelenggarakan Kongres Internasional III Bahasa-Bahasa Daerah Sultra yang berlangsung di Phinisi Ballroom Hotel Claro Kendari, Selasa (3/9). Asisten I Setda Kota Kendari Makmur, S.Pd. M.Pd mewakili Walikota Kendari menjadi salah satu pemakalah dalam kongres tersebut.

Beliau membawakan materi yang berjudul "Kebijakan Pemerintah Kota Kendari dalam Upaya Perlindungan Bahasa-bahasa Daerah di Kota Kendari". Sehubungan dengan hal tersebut beliau mengatakan Pemerintah Kota Kendari tengah melakukan kajian dalam rangka penyusunan Peraturan Daerah terkait penanganan bahasa daerah di Kota Kendari.

"Selain itu, ada pula beberapa usaha yang dilakukan yakni, melakukan penguatan ciri kelokalan Tolaki sebagai bahasa daerah induk khususnya Kota Kendari dan bahasa pendamping seperti Muna, Wolio, Moronene, dll, juga melakukan kerjasama dengan pihak terkait umpamanya Kantor Bahasa, Dinas Pendidikan, dan para peneliti untuk mengetahui kondisi bahasa daerah dalam kurun waktu tertentu. Kami juga melakukan penguatan bahasa daerah di tempat umum, ini sudah kami lakukan dalam waktu 2 tahun terakhir seperti penamaan makanan lokal Kota Kendari yaitu sikato sudah diperkenalkan di level nasional," ungkapnya.

Di lingkungan Pemerintah Kota Kendari sendiri, beliau mengatakan Pemkot Kendari sedang melakukan penguatan dengan cara memberlakukan penggunaan bahasa daerah di lingkup OPD pada kondisi-kondisi tertentu misalnya membuat lomba pidato bahasa daerah Tolaki antar OPD pada HUT Kota Kendari dan peringatan event-event nasional lainnya. Selanjutnya melakukan penguatan kelokalan Tolaki dengan melakukan pembinaan pada lembaga-lembaga adat, komunitas, dan paguyuban yang ada di Kota Kendari serta menghidupkan kembali tradisi leluhur seperti tradisi lisan dan tradisi sastra.

[ AB ]