Seputar Kota - 2 Bln lalu

Pemkot Kendari Selenggarakan PKN 2019 Tingkat Kota Kendari

Asisten I saat memberi sambutan - (Humas Kendari)

e-Humas Kendari - Pemerintah Kota Kendari melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menyelenggarakan Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2019 Tingkat Kota Kendari yang berlangsung di Taman Kota Kendari, Kamis (5/9). Kegiatan dibuka oleh Asisten I Setda Kota Kendari Makmur, S.Pd. M.Pd.

PKN direncanakan akan berlangsung selama tiga hari dan akan diisi dengan eksibisi tarian khas masing-masing paguyuban dan lomba permainan tradisional anak/rakyat. Untuk eksebisi diikuti oleh 7 paguyuban yang ada di Kota Kendari yakni Gorontalo, Pasundan, Bali, Disbudpar Kota Kendari, Jogja, Muna Barat, dan Jeneponto. Sedangkan lomba permainan anak diikuti oleh siswa-siswi SMP se-Kota Kendari yang nantinya mereka akan melombakan 4 permainan yaitu engrang, terompa panjang, lari balok, dan gobak sodor. Ketua Panitia Rasidin, S.Pd. MPA mengatakan usai PKN tingkat daerah, Kota Kendari akan mengikuti PKN tingkat pusat di Jakarta pada Oktober mendatang.

Asisten I saat membacakan sambutan Walikota Kendari mengatakan masyarakat Kota Kendari patut berbangga dengan diadakannya PKN di Kota Kendari sebab selain bentuk kepedulian Pemkot Kendari terhadap kemajuan dan pengembangan ekosistem kebudayaan sesuai dengan amanah UU No. 5 Tahun 2017 tentang kemajuan kebudayaan, Kota Kendari juga ditetapkan sebagai salah satu dari kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara yang memperoleh akses finansial yg dialokasikan khusus oleh pemerintah pusat untuk memajukan 10 objek kebudayaan di antaranya tradisi lisan, teknologi tradisional, permainan rakyat,dan kesenian tradisional.

"Perlu diketahui permainan rakyat dan kesenian tradisional yang dipertunjukkan dalam PKN yang sebentar lagi akan kita saksikan bukan saja merupakan objek kemajuan kebudayaan semata tapi justru menjadi salah satu fokus pemerintah pusat dengan melibatkan daerah bersama-sama menetapkan sebagai program prioritas dalam rencana aksi kemajuan kebudayaan," ungkapnya.

[ AB ]