Seputar Kota - 2 Bln lalu

Asisten I Buka FPRB BPBD Kota Kendari

Asisten I mengukuhkan Pengurus FPRB - (Humas Kendari)

e-Humas Kendari - Asisten I Setda Kota Kendari Makmur, S.Pd. M.Pd mewakili Walikota Kendari membuka kegiatan pertemuan Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kendari sekaligus mengukuhkan Pengurus FPRB periode 2019-2022 yang berlangsung di Hotel Dragon Inn Kendari, Kamis (5/9).

Asisten I dalam sambutannya mengatakan pembentukan FPRB sangat penting dan strategis mengingat Kota Kendari rentan terkena bencana. Selain itu, forum ini juga dapat menjadi wadah untuk mempertemukan para pemangku kepentingan yang mempunyai kepedulian yang sama terhadap agenda pengurangan resiko bencana.

Selain itu beliau juga menyampaikan 4 hal yang dianggap penting untuk sama-sama dilakukan oleh stakeholder kebencanaan dan OPD lingkup Pemkot Kendari yakni pertama, masyarakat Kota Kendari dihimbau untuk meningkatkan semangat gotong royong dan berpartisipasi dalam upaya pengurangan resiko bencana. Kedua, dalam menyusun program dan kegiatan pembangunan fisik OPD harus mempertimbangkan aspek kebencanaan. Ketiga, OPD agar senantiasa meningkatkan komunikasi, koordinasi, dan bekerjasama dengan FPRB dalam upaya pengurangan resiko bencana di Kota Kendari.

“Dan keempat, khusus untuk BPBD Kota Kendari saya berharap agar menyusun regulasi dalam bentuk Perda sebagai payung hukum penyelenggaraan penanggulangan bencana, menyusun dokumen rencana penanggulangan bencana berdasarkan kajian resiko bencana di Kota Kendari, serta melaksanakan pelayanan dasar minimal seperti pelayanan informasi rawan bencana,” ungkapnya.

[ AB ]