Seputar Kota - 2 Bln lalu

Sekda Kota Kendari Hadiri Aksi Nasional Pemberantasan Obat Ilegal Dan Penyalahgunaan Obat

Sekda & Ketua TP PKK saat buang sampah obat rusak - (Humas Kendari)

e-Humas Kendari - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari Hj. Nahwa Umar, SE, MM bersama Ketua TP PKK Kota Kendari Ibu Sri Lestari, S.Pd, M.Si. hadir dalam Aksi Nasional Pemberantasan Obat Ilegal dan Penyalahgunaan Obat yang dirangkaikan dengan kegiatan Buang Sampah Obat Rusak dan Kedaluarsa oleh Pemprov Sultra, yang berlokasi di Pelataran Parkir Barat Eks. MTQ depan Kantor Walikota Kendari, Minggu (8/9).

Kegiatan yang diawali senam Jantung Sehat tersebut, selain mengajak masyarakat agar sehat jasmani, aksi tersebut juga diharapkan mampu membuka kesadaran masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi obat dan makanan yang aman, termasuk bagaimana memberantas obat ilegal dan penyalahgunaan obat yang beredar dilingkungan masyarakat.

"Maraknya kasus-kasus peredaran obat ilegal dengan memanfaatkan obat-obat kedaluarsa dan rusak termasuk kemasan obat yang tidak termusnahkan secara baik, dan oleh pihak yang tidak beranggungjawab digunakan sebagai keperluan produksi obat ilegal. Dengan melihat kondisi yang sangat mengkhawatirkan serta mengancam generasi penerus bangsa, untuk itu pencanangan aksi nasional dan pemberantasan obat ilegal perlu dilakukan," ujar Gubernur Sulawesi Tenggara ketika membuka acara tersebut.

Beliau juga mengajak masyarakat agar ikut berpartisipasi dalam mengembalikan obat-obatan kedaluarsa/rusak ke Balai POM apabila obat-obatan tersebut tidak termusnahkan dengan baik, sehingga dapat meminimalisir resiko peredaran obat ilegal termasuk obat-obat palsu. "Saya berharap kita semua dapat melakukan pemberantasan serta menyatakan perang terhadap produk ilegal." pungkasnya.

[ AB ]