Seputar Kota - 8 Bln lalu

Walikota Kendari Hadiri Rakorda Kanwil DJPB Prov. Sultra

Foto bersama saat Rakorda Kanwil DJPB Prov. Sultra - (Humas Kendari)

e-Humas Kendari - Walikota Kendari Sulkarnain K. SE. ME. menghadiri Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Pelaksanaan Anggaran Semester I TA. 2019 yang dirangkaikan dengan Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) tentang Kesepakatan Bersama dalam rangka Mendukung Implementasi Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang bertempat di Aula Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Sultra, Selasa (12/3).

Dalam acara tersebut Kepala Kanwil Direktoral Jenderal Perbendaharaan (DJPB) Prov. Sultra Ririn Kadariyah bertugas sebagai Pembicara Utama, beliau memaparkan beberapa hal, di antaranya ikhtisar pelaksanaan anggaran tahun 2018, Alokasi APBN Prov. Sultra TA 2019, dan Proyek-proyek stategis nasional Pemprov Sultra di tahun 2019.

Di akhir pemaparannya Ririn Kadariyah juga memberikan penjelasan mengenai implementasi kartu kredit pemerintah yang mana latar belakang adanya program tersebut adalah untuk menyempurnakan mekanisme pembayaran APBN dan perlunya modernisasi sistem pembayaran APBN secara non tunai antara lain dengan menggunakan kredit.

“Adapun tujuan dari program ini yaitu untuk meminimalisir penggunaan uang tunai dalam transaksi keuangan Negara, meningkatkan keamanan dalam bertransaksi, mengurangi potensi fraud (kecurangan) dari transaksi secara tunai, dan mengurangi cost of fund/idle cash (biaya untuk memperoleh simpanan setelah ditambah dengan cadangan wajib yang ditentukan oleh pemerintah )dari penggunaan UP (uang persediaan)”, tandasnya.

[ AB ]