Seputar Kota - 2 Bln lalu

Ketua Dekranasda Kota Kendari Ikuti Rakernas Dekranas Tahun 2019 Di Jakarta

Ketua Dekranasda saat ikut Rakernas di Jakarta - (Humas Kendari)

e-Humas Kendari - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Kendari Sri Lestari, S.Pd. M.Si bersama Ketua Dekranasda Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia lainnya mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dekranas tahun 2019 yang dibuka oleh Ketua Umum Dekranas Mufidah Jusuf Kalla, bertempat di Gedung Serba Guna Jenderal AH Nasution, Kementerian Pertahanan RI, Jakarta, Selasa, (10/9).

Ketua Umum Dekranas berharap, penyelenggaraan rakernas tahun ini akan menjadi momentum bagi pengembangan kerajinan nasional Indonesia dari berbagai daerah sebagai bentuk ciri khas dan seni tradisional yang melambangkan kemajemukan NKRI yang bersatu dalam bingkai kebinekaan.

"Mengangkat tema 'Bekerja dengan Hati untuk Memajukan Kerajinan Indonesia' mengandung makna, yaitu bertekad, bekerja keras, ikhlas tanpa pamrih untuk memajukan produk kerajinan guna memenangkan persaingan di pasar global," ujarnya. Beliau juga menambahkan, saat ini kerajinan di Indonesia sudah tumbuh bervariasi mulai dari skala mikro kecil sampai skala menengah dengan berbagai kendala yang ada seperti pemasaran, permodalan dan teknik produksi. Patut disyukuri beberapa produk sudah berhasil menembus pasar ekspor namun beliau tetap mengingatkan bahwa persaingan di pasar global juga semakin ketat.

Setelah Rakernas, Ketua Dekranasda Kota Kendari juga menghadiri Pameran Karya Nusantara (Kriyanusa) tahun 2019 di Balai Kartini Jakarta. Pada pameran yang berlangsung tanggal 11-15 September 2019 ini, Kota Kendari ikut serta dengan memamerkan beberapa kerajinan khas Kota Kendari, diantaranya kain tenunan adat khas Tolaki dan kerajinan yang berasal dari anyaman bambu.

[ AB ]