Seputar Kota - 1 Bln lalu

Beri Sambutan, Walikota Ingatkan Para Guru Bimbing Siswanya Dalam Menggunakan Media Sosial

Walikota saat beri sambutan - (Humas Kendari)

e-Humas Kendari - Walikota Kendari H. Sulkarnain K. SE. ME memberikan sambutan dalam acara Sosialisasi Empat Pilar MPR RI yang berlangsung di Hotel Athaya Kendari, Selasa (24/9) siang. Kegiatan yang digelar oleh MPR RI tersebut diikuti oleh Anggota PGRI se-Kota Kendari. Tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman anggota PGRI terhadap empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Walikota Kendari dalam sambutannya berharap melalui pengamalan nilai-nilai empat pilar ini dapat mengukuhkan jiwa kebangsaan, nasionalisme, dan patriotisme dalam diri para peserta. Hal ini menjadi penting mengingat guru memiliki peran yang sangat penting dalam menumbuh suburkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa ke dalam jiwa pelajar sebagai generasi penerus bangsa.

Beliau juga mengingatkan dalam upaya menjaga keutuhan bangsa tantangan yang dihadapi tidaklah sedikit. Mulai dari keberagaman yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia, contohnya saja Kota Kendari. Sebagai Ibukota Provinsi Sulawesi Tenggara setidaknya terdapat 25 kelompok etnis yang terdaftar pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Kendari. Dengan keberagaman budaya tersebut menurutnya dapat menjadi suatu kekuatan sekaligus menjadi ancaman ditambah lagi dengan adanya media sosial dan elektronik semakin membuka ruang untuk masuknya pengaruh dari luar yang bisa membawa hal positif maupun yang negatif.

"Untuk itu, saya meminta kepada para guru agar membimbing siswa-siswinya dalam memanfaatkan media sosial dengan benar dan tidak menjadi konsumen dan produsen berita hoax, apalagi ujaran kebencian dan perilaku yang mengarah kepada budaya intoleransi," imbaunya.

[ AB ]