Seputar Kota - 1 Bln lalu

Walikota Kendari Beri Pidato Penjelasan & Serahkan KUA-PPAS APBD Kota Kendari TA 2020

Walikota serahkan KUA-PPAS TA 2020 - (Humas Kendari)

e-Humas Kendari - Walikota Kendari H. Sulkarnain K. SE. ME memberikan pidato penjelasan pada rapat paripurna DPRD Kota Kendari sekaligus menyerahkan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD Kota Kendari Tahun Anggaran 2020 kepada Ketua DPRD Kota Kendari H. Subhan, ST di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Kendari, Selasa (1/10).

Beliau menyampaikan tema pembangunan Kota Kendari pada tahun 2020 mendatang adalah "Peningkatan SDM & Pembangunan Infrastruktur Mendorong Pelayanan Berbasis Informasi dan Teknologi". Sejalan dengan tema tersebut, maka arah pembangunan Kota Kendari di tahun depan difokuskan untuk mengatasi masalah-masalah mendasar yaitu, peningkatan pelayanan berbasis informasi teknologi, pembangunan SDM, peningkatan dan pembangunan infrastruktur, peningkatan nilai tambah, penanggulangan banjir, serta penataan lingkungan perumahan dan kawasan pemukiman.

Lebih lanjut beliau menjelaskan untuk mewujudkan dan merealisasikannya, Pemerintah Kota akan menempuh 3 kebijakan umum APBD. Pertama, kebijakan pendapatan daerah yaitu dengan mengoptimalkan pemasangan alat perekam transaksi (tapping box) pada seluruh objek pajak dan retribusi (hotel, restoran, hiburan, dsb) serta penerapan pemberitahuan tagihan pajak online. Kedua, belanja daerah diarahkan untuk dapat memberikan efek yang besar bagi pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dan ketiga, pembiayaan daerah diarahkan untuk menjaga stabilitas fiskal daerah sehingga pembangunan dapat berjalan berkesinambungan.

[ AB ]