Seputar Kota - 28 Hr lalu

Kebun Raya Kendari Resmi Dilaunching

Walikota saat menandatangani prasasti - (Humas Kendari)

e-Humas Kendari - Hari ini Selasa (22/10) Kebun Raya Kota Kendari resmi dilaunching. Penekanan sirine dan penandatanganan prasasti oleh Gubernur Sulawesi Tenggara H. Ali Mazi, SH, Walikota Kendari H. Sulkarnain K. SE. ME, dan Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang diwakili oleh Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI Enny Sudarmonowaty menandai diresmikannya destinasi wisata baru yang terletak di di Desa Nanga-Nanga, Kelurahan Anduonohu, Kecamatan Poasia, Kota Kendari tersebut.

Walikota Kendari dalam sambutannya mengatakan luas Kebun Raya mencapai 96 Hayang terdiri atas 18 Ha Hutan Lindung dan 78 Hutan Produksi Tetap, serta ditetapkan sebagai kawasan konservasi keragaman flora ultrabasa. Penetapan tersebut berdasarkan kondisi tanah dan batuan di kawasan Sultra yang kaya akan kandungan mineral bernilai ekonomi tinggi. "Jenis flora tersebut dikonservasi di Kebun Raya Kendari agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Walaupun Kebun Raya Kendari memiliki karakteristik spesifik, namun tetap dapat dimanfaatkan untuk melestarikan jenis flora lainnya", ungkapnya.

Beliau menambahkan pembangunan Kebun Raya merupakan hasil kerjasama beberapa pihak di antaranya Kementerian PUPR dengan pembangunan infrastruktur Kebun Raya, LIPI untuk kegiatan pendampingan, pelatihan, serta bimbingan teknis di lapangan kepada para pengelola Kebun Raya, dan Pemerintah Kota Kendari berkontribusi pada pengadaan sarana listrik serta peningkatan jalan akses dari Jalan Poros Haluoleo sampai ke Kawasan Kebun Raya Kendari.

"Untuk itu, perkenankan saya atas nama Pemerintah Kota Kendari mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak, Kementerian PUPR dan LIPI yang telah membantu percepatan pembangunan dan pengembangan Kebun Raya Kendari, serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang telah mengeluarkan izin pengelolaan kawasan dengan tujuan khusus sehingga Kebun Raya Kendari dapat dilaunching hari ini", tutupnya.

[ AB ]