Seputar Kota - 13 Hr lalu

Beri Sambutan Rapat Pembahasan Program Kerja, Sekda Ingatkan Pungli Turunkan Kepercayaan Masyarakat

Sekda Kota Kendari saat memberi sambutan - (Humas Kendari)

e-Humas Kendari - Pungli dapat menurunkan kepercayaan masyarakat kepada Pemerintah, terlebih lagi jika pungli dilakukan oleh UPP sendiri. Tentu hal ini akan memalukan dan menurunkan kepercayaan masyarakat kepada institusi berada dalam UPP. Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Kota Kendari Hj. Nahwa Umar, SE. MM saat memberi sambutan pada Rapat Pembahasan Program Kerja Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Kota Kendari yang digelar di Kantor Inspektorat Kota Kendari, Selasa (29/10).

Sekda mengimbau kepada seluruh Anggota UPP Kota Kendari terutama yang berada dalam Pokja-Pokja agar terus mengingat tugasnya, istiqomah, serta sungguh-sungguh menjalankan tugasnya sebagaimana yang tertuang dalam Keputusan Walikota Kendari Nomor 764 Tahun 2019 tentang Pembentukan Unit Pemberantasan Pungli Lingkup Pemerintah Kota Kendari.

Lebih lanjut beliau meminta kepada 4 Pokja yaitu Pokja Intelijen, Pencegahan, Penindakan, dan Yustisi untuk melakukan beberapa hal. Bagi Pokja Intelijen diminta untuk menyusun program-program pemetaan terhadap modus-modus pelaku pungli, jika perlu melakukan penyusupan, wawancara, dan tugas mata-mata. Pokja Pencegahan menyusun program-program yang sifatnya preventif pencegahan pungli seperti sosialisasi, penyuluhan, pelatihan dan kegiatan lainnya yang dikemas menarik. Pokja penindakan menyusun program-program yang sifatnya represif jika perlu bersinergi dengan Pokja Inteligen untuk mendapatkan data dan melakukan Operasi Tangkap Tangan, dan Pokja Yustisi diminta untuk menyusun program-program masukan dan saran bagi Ketua Pelaksana apakah pelaku pungli menerima sanksi administrasi atau harus ke ranah pidana.

[ AB ]