Seputar Kota - 8 Bln lalu

Demi Melayani Masyarakat, Pemkot Kendari Bentuk Puskesos

Sosialisasi Juknis P2MK di Ruang Pola - (Humas Kendari)

e-Humas Kendari - Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, salah satunya dengan membentuk Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) di seluruh kelurahan dan kecamatan se-Kota Kendari.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Sosial Budaya Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Kendari Dr Farida Agustina SE MSi saat membawakan materi pada Sosialisasi Pedoman Umum dan Petunjuk Teknis Program Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan dan Kelurahan (Juknis P2MK) Tahun 2019 yang digelar di Ruang Pola Kantor Walikota Kendari, Senin (18/3).

Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa tujuan pembentukan Puskesos adalah untuk dijadikan sebagai pusat penyedia informasi program-program perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan bagi masyarakat yang dikelola oleh pemerintah daerah.

"Jadi semua informasi ini menjadi transparan, tidak boleh kita boleh kita sembunyikan! Karena yang kita tahu bahwa yang kita kelola ini sebenarnya uangnya ini ada juga dari masyarakat, sehingga mereka berhak untuk tahu", ungkap Dr Farida Agustina SE MSi.

Yang tidak kalah pentingnya Puskesos juga menyediakan pelayanan-pelayanan sosial dan penanganan kemiskinan untuk masyarakat miskin dan rentan miskin, serta disediakan juga pelayanan rujukan.

"Pelayanan rujukan maksudnya adalah ketika Puskesos tidak bisa menangani, nanti akan dirujuk ke Sistem Layanan Rujukan Terpadu yang ada di Dinas Sosial", terangnya.

[ AB ]