Seputar Kota - 16 Hr lalu

Walikota Kendari Ikuti Seminar Nasional Dalam Rangka HPS Ke-39

Walikota saat ikuti seminar - (Humas Kendari)

e-Humas Kendari - Walikota Kendari H. Sulkarnain K. SE., ME mengikuti Seminar Nasional dengan tema "Pemanfaatan Sumber Daya Pangan Lokal untuk Mewujudkan Keanekaragaman Pangan Keluarga" yang digelar dalam rangka Hari Pangan Sedunia (HPS) Ke-39, berlangsung di hotel Claro Kendari, Jumat (1/11).

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Dr. Ir. Agung Hendriadi., M. Eng mengungkapkan bahwa seminar tersebut dilakukan agar dapat mengatasi kemiskinan dan mengatasi kelaparan. Beliau juga berharap agar seminar yang bertepatan dengan hari pangan sedunia itu mampu memberikan rekomendasi dalam mengeksplorasi sumber pangan lokal menjadi sumber pangan masyarakat Indonesia. Target adalah Zero Hunger, mengatasi kelaparan, mengatasi kemiskinan dan mengurangi kerawanan stunting. Rencana aksi yang akan dilakukan adalah mendorong peningkatan produksi dengan memfokuskan pada daerah-daerah yang rentan rawan pangan.

Lebih lanjut beliau mengungkapkan acara tersebut dapat menginspirasi para petani, pengusaha dan masyarakat untuk bergerak dan berperan aktif dalam membangun Indonesia menuju lumbung pangan dunia tahun 2045 mendatang. "Kita tahu dalam ketahanan pangan tidak hanya cukup kita bisa makan ataupun memberi makan, tetapi bagaimana kita bisa memanfaatkan sumber daya lokal yang ada, bagaimana kita mendorong produksi dalam negeri agar kita bisa mencukupi kebutuhan kita sehari-hari. Saat ini 80% pangan kita diproduksi oleh tangan keluarga tani kita yang totalnya ada 27,7 Juta keluarga. Hal itu yang harus kita optimalkan, sebab tanpa mereka siapa lagi yang akan menjaga, oleh karena itu keluarga petani adalah yang menjadi harapan kita semua." ungkapnya.

[ AB ]