Seputar Kota - 12 Hr lalu

Dubes & Peserta HPS Lakukan Penanaman 100 Pohon Di Kebun Raya Kendari

Walikota membantu Dubes Armenia menanam pohon - (Humas Kendari)

e-Humas Kendari - Rangkaian kegiatan diplomatik tour dalam rangka Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-39 tahun 2019 terus berlanjut. Usai mengikuti Seminar Nasional serta kunjungan ke Kantor Dekranasda Provinsi Sultra dan lokasi pengolahan sagu, selanjutnya para Duta Besar (Dubes) dari berbagai negara berkunjung dan melakukan kegiatan penanaman bibit pohon di Kebun Raya Kendari, Jumat (1/11)

Pada kegiatan penanaman ini, Pemerintah Kota Kendari menyiapkan sekitar 100 bibit pohon yang diperoleh dari hasil eksplorasi Tim Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya-LIPI serta tanaman endemik dari kabupaten/kota se-Sultra. Nantinya kegiatan penanaman ini akan tercatat dalam risalah asal usul penanaman tanaman koleksi Kebun Raya Kendari.

Walikota Kendari H. Sulkarnain K. SE. ME saat sambutan sempat memaparkan profil Kebun Raya Kendari. Beliau menerangkan sebelum menjadi kebun raya, lokasi yang memiliki luas mencapai 96 Ha ini merupakan lahan bekas penambangan batu dan pasir, meski begitu lokasi ini memiliki daya tarik berupa air terjun, sungai, dan pemandangan yang menarik yang dapat dinikmati dari lereng dan bukit berbatu ada di Kebun Raya Kendari.

Kebun Raya Kendari juga berada di wilayah yang cukup strategis, sekitar 15 KM atau 30 menit dari pusat kota. Saat ini para pengunjung dapat memanfaatkan beberapa fasilitas yang telah tersedia seperti visitor center, gedung informasi tumbuhan ultrabasa, rumah anggrek, rumah pembibitan, gazebo, dan camping ground. Diharapkan dengan adanya penanaman yang dilakukan ini dapat menambah koleksi tanaman yang ada di Kebun Raya Kendari.

[ AB ]