Seputar Kota - 15 Hr lalu

Walikota Kendari Hadiri Pembukaan HPS Ke-39 Di Kecamatan Angata Kabupaten Konsel

Walikota bersama Ketua TP PKK Kota Kendari - (Humas Kendari)

e-Humas Kendari - Walikota Kendari H. Sulkarnain K. SE., ME menghadiri Acara pembukaan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-39 yang dipusatkan di Desa Puudambu, Kecamatan Angata, Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Sabtu (2/11). Resmi dibuka oleh Menteri Pertanian (Mentan) RI, Dr. Syahrul Yasin Limpo, SH., MA, event akbar ini turut pula dihadiri oleh 12 Gubernur, 71 Bupati dan Walikota se Indonesia, 23 Duta Besar dari 16 negara serta 11 organisasi nasional.

Dalam sambutannya Mentan RI menyampaikan bahwa Indonesia berpotensi mewujudkan kedaulatan pangan, namun semua pihak harus ikut membantu. Pertanian adalah sektor penting yang harus dijamin peningkatannya, sebab masalah ketahanan pangan ataupun masalah pertanian adalah masalah semua orang.

“Kementan harus bekerja keras. Tapi semua kepala daerah, gubernur, bupati dan semuanya harus ikut membantu, masalah pertanian atau masalah pangan adalah masalah perut semua orang. Cara pandang terhadap pertanian harus jadi cara pandang semua orang. Agar semua ikut bertanggung jawab,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Sultra H. Ali Mazi, SH menjelaskan kegiatan ini sebagai salah satu upaya mendorong pangan yang berkelanjutan dalam rangka meningkatkan kebutuhan dan kedaulatan pangan. Tujuan utamanya adalah untuk memperkuat kerjasama dan membangun daerah. "Kita berpartisipasi aktif dalam membangun kemandirian dan ketahanan pangan ditengah krisis pangan dunia,” tandasnya.

Mengusung tema nasional "Teknologi Industri Pertanian dan Pangan Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045", pada HPS tahun 2019 ini juga digelar pameran yang dipusatkan di alun-alun eks MTQ Kota Kendari dengan menampilkan produk-produk pangan unggulan dari masing-masing daerah kabupaten kota dari 34 provinsi di Tanah Air.

[ AB ]