Seputar Kota - 14 Hr lalu

Walikota Kendari Hadiri Acara Penutupan HPS Ke-39 Tahun 2019

Foto bersama usai acara penutupan - (Humas Kendari)

e-Humas Kendari - Walikota Kendari H. Sulkarnain K. SE. ME menghadiri Acara Penutupan Hari Pangan Sedunia (HPS) Ke-39 Tahun 2019 yang secara resmi ditutup oleh Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara La Ode Mustari di Lapangan Eks. MTQ Kota Kendari, Selasa (5/11).

Saat membacakan sambutan Gubernur Sultra, Sekda Provinsi Sultra mengatakan bahwa makna dan hikmah yang dapat dipetik dari peringatan HPS adalah bagaimana kita saling mengingatkan bahwa kekuatan setiap negara ditentukan oleh kemampuannya untuk terus menjaga kedaulatan dan membangun kemandirian pangan secara terpadu melalui pemenuhan kebutuhan bahan pangan yang aman dan sehat bagi seluruh masyarakat di tengah ancaman krisis pangan dunia. Selain itu, peringatan ini juga menjadi wahana untuk meningkatkan kesadaran kolektif dan perhatian semua pemangku kepentingan akan pentingnya penanganan masalah pangan baik di tingkat lokal, regional, nasional, maupun global secara berkelanjutan.

Dirinya juga mengungkapkan merasa bangga, bahagia, dan terharu atas momen yang terjadi pada peringatan HPS ini sebab menggambarkan betapa kuatnya komitmen semua pihak untuk menyukseskan kegiatan tahunan ini. “Perasaan bahagia dan terharu semakin bertambah ketika melihat bagaimana jajaran OPD lingkup Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sultra serta elemen lainnya bahu-membahu tanpa kenal lelah, siang dan malam bekerja keras demi mengemas dan mempersiapkan kegiatan ini agar dapat berjalan dengan baik dan lancar walaupun dihadapkan dengan berbagai keterbatasan utamanya sarana dan prasarana”, ungkapnya.

Kerja keras tersebut seakan terbayarkan dengan suksesnya perhelatan HPS yang berlangsung mulai 2-5 November 2019 tersebut. Sebagaimana yang diungkapkan oleh Ketua Panitia HPS Direktur Perbenihan Ditjen Hortikultura Kementerian Pertanian Ir. Sukarman dalam laporannya menyebutkan pada acara pembukaan HPS yang berlangsung di Desa Puudambu Kec. Angata Kab. Konsel, peserta yang hadir mencapai lebih dari 50 ribu orang. Selain itu, pameran yang diikuti oleh Pusat dan daerah di Eks. MTQ Kota Kendari selama tiga hari juga berhasil menarik minat masyarakat untuk berkunjung dengan total pengunjung selama pameran mencapai sekitar 82.975 orang.

[ AB ]