Budaya - 1 Bln lalu

Ketua TP PKK Hadiri Festival Keraton Masyarakat Adat ASEAN Ke-VI Polima Tahun 2019 Di Kota Bau Bau

Ketua TP PKK saat hadiri gala dinner - (Humas Kendari)

e-Humas Kendari - Ketua Tim Penggerak PKK Kota Kendari Hj. Sri Lestari, S.Pd. M.Si menghadiri Festival Keraton Masyarakat Adat ASEAN Ke-VI Polima Tahun 2019 yang digelar di Kota Bau Bau mulai 18 hingga 21 November 2019 dan diikuti oleh raja, sultan, bersama perangkat kerjaan dan kesultanan se-Nusantara dan ASEAN.

Festival dibuka oleh Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Sultra La Ode Mustari mewakili Gubernur di Stadion Utama Betoambari, Selasa (19/11) kemarin. Pj. Sekda dalam sambutannya mengatakan event ini dapat menjadi momentum strategis untuk memperkenalkan ragam budaya dan adat masyarakat lokal sebagai bagian yang tak terpisahkan dari keanekaragaman budaya dunia sekaligus menjadi wahana untuk memperkuat hubungan kerjasama internasional.

Beliau berharap melalui event ini, tradisi dan budaya daerah dapat terus terpelihara dan diwariskan kepada generasi penerus hingga ke anak-cucu, sehingga menjadi generasi yang menjunjung tinggi nilai-nilai budaya dan adat istiadat yang di dalamnya kental dengan sangat kebersamaan dan rela berkorban demi kepentingan umum dalam konteks hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

"Salah satunya melalui falsafah hidup masyarakat Buton yakni falsafah "Bolimo karo sumanamo lipu (Biarlah hancur badan/raga, asal jangan hancur daerah)", ungkapnya. Festival diwarnai dengan berbagai kegiatan diantaranya, gala dinner, musyawarah raja/sultan se-Nusantara, karnaval budaya, pagelaran seni dan budaya, napak tilas nusantara/santiago, pekande-kandea, serta city tour.

[ AB ]