Seputar Kota - 1 Bln lalu

Pemkot Kendari Launching Program GEMARI

Kadinkes terbangkan balon tanda launching GEMARI - (Humas Kendari)

e-Humas Kendari - Pemerintah Kota Kendari terus mempromosikan makan ikan kepada masyarakatnya, salah satunya melalui kegiatan Launching Gemar Makan Ikan (GEMARI) sebagai salah satu upaya pencegahan stunting pada anak Sekolah Dasar (SD)di Kota Kendari, sekaligus dalam rangka Implementasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang berlokasi di Panggung Mini Kota Kendari, Kamis (28/11).

Mengajak ratusan siswa Sekolah Dasar untuk menggemari menu makanan dari ikan, Kadis Kesehatan Kota Kendari Drg. Rahminingrum P, M.Kes ketika membuka kegiatan tersebut mengatakan Stunting merupakan masalah gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu lama. Hal ini terjadi karena asupan makan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi. Selain itu Stunting terjadi mulai dari dalam kandungan dan baru terlihat saat anak berusia dua tahun.

"Stunting itu jangan disalah artikan, Indonesia adalah urutan ke-5 didunia yang banyak warga negaranya menderita stunting. Batita, Balita yang mengalami stunting akan memiliki tingkat kecerdasan yang tidak maksimal, dan menjadikan anak menjadi lebih rentan terhadap berbagai macam penyakit, dan dimasa depan dapat beresiko pada menurunnya tingkat produktifitas." ungkapnya.

Dijelaskan lagi, digelarnya acara tersebut untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat Kota Kendari serta menjadi ikan sebagai menu pilihan masyarakat. Tentu saja hal tersebut merupakan upaya untuk mewujudkan generasi yang sehat, kuat dan cerdas serta masyarakat sejahtera melalui peningkatan konsumsi ikan.

[ AB ]