Seputar Kota - 7 Bln lalu

Orientasi CPNSD Pemkot Kendari Resmi Dibuka

Foto bersama usai penyematan tanda orientasi - (Humas Kendari)

e-Humas Kendari - Orientasi Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari Hj. Nahwa Umar SE MM mewakili Walikota Kendari Sulkarnain K. SE ME yang digelar di Aula Bertaqwa Kantor Walikota Kendari, Senin (25/3).

Kegiatan tersebut direncanakan akan berlangsung selama lima hari, dimulai pada hari ini hingga 29 Maret mendatang. Adapun pesertanya sebanyak 167 orang yang terdiri atas Tenaga Pendidikan 52 orang, Tenaga Kesehatan 45 orang, dan Tenaga Teknis lainnya 70 orang. Ada yang menarik dari penerimaan CPNSD kali ini, sebab dari 167 orang CPNSD yang terekrut hanya 9 orang yang merupakan CPNSD dari Honorer K2, selebihnya berasal dari pelamar umum.

Dalam kesempatan tersebut Sekda Kota Kendari dalam sambutannya menyampaikan harapannya kepada peserta orientasi agar bisa memberikan motivasi terhadap PNS yang lama, dengan memperlihatkan kedisiplinan yang tinggi dan mau bekerja dengan sebaik-baiknya.

“Kita harap ketika yang hari ini yang jumlahnya 160 sekian itu jangan sampai hari ini kita lihat 160 lebih, setelah masuk di unit-unit kerja malah hampir-hampir kita tidak lihat. Kita harapkan justru teman-teman yang baru ini dapat memberikan motivasi terhadap teman-teman PNS yang sudah lama”, ujarnya saat membuka kegiatan orientasi.

Ketua Panitia Orientasi CPNSD Drs. Hajar Aswad dalam laporan menjelaskan bahwa maksud dari kegiatan orientasi ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada peserta terkait tugas dan fungsi, serta hak dan tanggung jawab sebelum ditempatkan di unit kerja masing-masing.

Adapun kegiatan orientasi sambung beliau terdiri dari jam pimpinan dan materi kepegawaian selama 2 hari, peraturan baris-berbaris selama 2 hari, latihan upacara bendera selama 1 hari, kerja bakti dan penanaman pohon selama 1 hari, dan tes baca Al-Qur’an dan tes Panca Prasetya Kopri selama 1 hari.

Beliau yang juga merupakan Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi Pegawai BKPSDM Kota Kendari mengungkapkan nantinya penutupan orientasi akan dihadiri oleh Walikota Kendari dan juga akan ada pembagian Surat Keputusan (SK) Penugasan kepada peserta orientasi yang lulus Tes PNS untuk formasi 2018 Pemkot Kendari. “Jadi, Senin depan para ASN baru itu sudah bisa berkantor di tempat tugas masing-masing, ujar Drs. Hajar Aswad.

[ AB ]