Edukasi - 10 Hr lalu

Walikota Kendari Ikuti 3rd Green Cities Forum Di Penang Malaysia

Foto bersama - (Humas Kendari)

e-Humas Kendari - Sejumlah Walikota turut berpartisipasi pada "3rd Green Cities Forum: Sustainable Urban Development Framework (GCF): Sustainable Urban Development of Coastal Cities" pada 13-14 Januari 2020 di George Town, Penang-Malaysia. Salah satunya Walikota Kendari H. Sulkarnain K, SE. ME. Kegiatan ini sangat penting sebagai bagian dari komitment Indonesia untuk Inisiatif Kota Hijau dalam kedua kerja sama sub regional.

Walikota Kendari dalam pesan tertulisnya Senin (13/1), mengungkapkan dirinya merasa beruntung bisa ikut serta dalam forum yang sangat bergengsi ini, tidak hanya karena penyelenggara dan pesertanya berskala internasional yakni Asian Development Bank (ADB ) dan dihadiri setidaknya perwakilan 9 negara, tapi forum ini juga membahas sebuah tema yang sangat aktual dan futuris, yakni tentang masa depan dunia, bagaimana menjaga kelestarian dunia dengan fokus mewujudkan Green City. Salah satu tema yang paling mengemuka dalam forum ini adalah tentang penanganan sampah.

Ada satu konsep penanganan sampah yang disampaikan pemateri dan menarik perhatian Walikota, yakni konsep penanganan yang mendorong partisipasi publik. Dirinya menilai konsep ini sesuai dengan kondisi Kota Kendari dan relatif tidak membutuhkan biaya yang besar dalam penerapannya yang mana merupakan breakdown dari konsep 3R(Reuse, Reduce, Recycle) yang sudah lama dikenal masyarakat.

"Insya Allah konsep ini akan kami adaptasi di Kota Kendari dengan beberapa penyesuaian untuk kondisi Kota Kendari", ungkapnya.

[ AB ]